Tentang Pramuka

Gerakan Pramuka Indonesia (atau GPI) adalah sebuah organisasi nonformal. Kata “Pramuka” adalah singkatan dari Praja Muda Karana, yang berarti jiwa muda yang suka berkarya. Pramuka memiliki empat kelompok umur: Siaga (usia 7-10), Penggalang (usia 11-15), Penegak (usia 16-20) dan Pandega (usia 20-25). Saat ini aku adalah Penggalang.

“Boy Scouts” dirintis oleh Lord Baden Powell (Robert Stephenson Smyth Baden Powell of Giwell) pada tanggal 24 Januari 1908 di Inggris. Gerakan Pramuka di Indonesia telah dimulai sejak tahun 1923 yang ditandai dengan didirikannya Nationale Padvinderij Organisatie (NPO)(Belanda) di Bandung.

Tujuan Pramuka adalah untuk membentuk kepribadian dan akhlak mulia, menanamkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air, dan juga untuk meningkatkan keterampilan.

Lambang GPI merupakan tunas kelapa dikarenakan beberapa alasan. Tunas kelapa dapat tumbuh dimana saja, seperti Pramuka yang dapat menyesuaikan dengan sekitarnya. Pohon kelapa memiliki batang yang tumbuh dengan lurus dan kuat, menandakan Pramuka dapat selalu jujur dan tak dapat diombang-ambingkan. Pohon kelapa adalah pohon serba guna, dari akar sampai ujung daunnya. Yang bermaksud Pramuka berguna dan kreatif.

Kami sudah menghafal Pancasila dan Dasa Dharma Pramuka, melakukan kegiatan alam (Campinggg!!), dan mencoba memimpin upacara.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *