Tantangan Eksplorasi – Rangi atau Pancong?

Makanan non-terigu favoritku adalah kue pancong. Yang aku kira bernama rangi, tapi ternyata berbeda. Rangi adalah kelapa tua yang diparut kasar, ditambahkan tepung sagu dan diberi saus manis diatasnya. Sedangkan pancong atau gandos, adalah kelapa muda diparut halus dan ditambahkan tepung beras. Terkadang ditaburi gula, atau dioleskan mentega.

Pancong memiliki rasa yang unik, ia gurih, asin, tetapi manis. Aku bertanya kepada seorang penjual kue pancong di dekat Pasar Ciplak. Terkadang setelah belanja di pasar, kami membeli kue pancong tersebut. Dia mengetahui resepnya sejak lama, tetapi lupa mengetahuinya dari siapa. Ia biasa belanja gula, garam, dan tepung beras di warung. Sedangkan membeli kelapa mudanya di Pasar Ciplak.

Keesokan harinya, aku melakukan wawancara lagi. Aku ke Pasar Ciplak dan mencari penjual kelapa. Ternyata banyak yang menjual kelapa di sana, tetapi aku memilih seorang wanita di tengah deretan para penjual itu. Setiap hari, kelapa-kelapa dikirim ke Pasar Ciplak, tetapi jam kedatangannya tidak pasti. Setelah itu aku bertanya lebih detil ke seorang pria penjual kelapa yang ada di sekitarku. Katanya kelapa-kelapa itu dikirim dari Klender, Jl. Balai Rakyat.

Pasar Klender mendapatkan kelapa dari luar kota, misalnya Jambi, Lampung, atau Palembang. Membutuhkan waktu yang lama, untuk mengirim kelapa-kelapa dari Lampung, sampai Pasar Klender.

resep-cara-membuat-kue-pancong-kelapa-enak
(c) http://resepmembuat.com/resep-cara-membuat-kue-pancong-kelapa-enak/

Ketika sedang jalan menuju pasar, aku sempat deg-degan. Tetapi anehnya ketika mulai wawancara, aku tidak gugup lagi. Bagiku itu pengalaman yang lucu dan menarik.

 

You may also like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *