Cheese Chiffon Cake

Cheese Chiffon CakeTerinspirasi dari Chiffon cake yang pernah kumakan, aku mencoba membuatnya! Ini sudah kedua kalinya bikin Cheese Chiffon Cake, dan dua-duanya memberikan hasil yang sangat memuaskan, kuenya lembut dan enak, manisnya pas jadi disukai semua orang di rumah!  Resep Chiffon Cake yang kuikuti ada di: http://rasamalaysia.com/parmesan-chiffon-cake/2/ berikut resep yang kugunakan dalam bahasa indonesia.

Bahan-Bahan

4 kuning telur
20g gula*
50g minyak jagung (1/4 cup)(Aku pakai minyak goreng)
70g susu (1/3 cup)
70g terigu (1/2 cup + 1 Sendok makan)
70g Bubuk keju pamersan (Aku pakai keju cheddar yang di parut)(kira-kira 3/4 cup)

4 putih telur
70g gula*
1 Sendok makan maizena.

*Kira-kira total gulanya 1/2 cup, gunakan 2 sendok makan gula untuk campuran kuning telur, dan sisanya untuk putih telur.

Cara Membuat

Panaskan dulu oven di 160 celsius.

Mulailah dengan kuning telur dengan gula sampai warnanya agak pucat. Tambahkan minyak dan susu dan campur sampai rata. Tambahkan terigu dan keju, campur dan sisihkan.

Kocoklah putih telur sampai berbusa, dengan perlahan tambahkan gula, campur terus dan tambahkan maizena, kocok sampai agak mengembang. Ambillah 1/3 dari campuran putih telur dan campurkan itu dengan campuran kuning telur, Ulangi sampai semuanya tercampur dengan baik.

Tuangkan adonan ke loyang yang sudah disiapkan dan masak selama sekitar 20-40 menit.

Jadi deh!

Sebenarnya ada beberapa hal yang membuatku sangat senang di proses masaknya! Yang pertama itu waktu menuang keju ke adonan. Tak tahu kenapa rasanya senang sekali ada butiran-butiran keju di adonan!

Kedua waktu mengocok putih telur, waktu putih telurnya mengembang rasanya bahagia sekali karena lucu bahwa telur yang berlendir itu dapat menjadi seperti itu! Jujur saja, baru kali ini aku berhasil membuat putih telurku se-foamy itu, maka waktu pertama kali berhasil, rasanya bahagia sekali!

Tetapi aku tak membiarkannya seperti itu! Di Chiffon Cake ini juga ada creamnya, butter-cream lebih tepatnya! Inilah resep yang kupakai.

Bahan-Bahan

250g Mentega
200g Gula
100ml Susu kental manis.

Cara Membuat

Kocok mentega sampai tidak terlalu padat. Lalu Cairkan gula dengan api kecil sambil terus diaduk sampai mencair sempurna. Tandanya, tidak ada butiran gula lagi. Kemudian gula cair dapat langsung dicampurkan ke dalam mentega. Kocok lagi dengan kecepatan tinggi sampai teksturnya lembut. Lalu masukkan susu kental manis dan diaduk sampai rata.

Diamkan sebentar dan butter-cream siap dipakai!

Ketika aku membuat butter-cream ini, rasa yang kubuat terlalu manis, jadi lain kali aku akan harus mengurangi gula!

Ketika butter-cream sudah jadi, aku mengolesinya kepada Chiffon Cake-ku, dan setelah itu kutaburi dengan keju yang lezat!

You may also like

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *